Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kaktus
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kaktus

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kaktus

Posted on

Pembudidayaan berbagai spesies tanaman kaktus sebagian besar oleh Amerika Utara. Habitat utamanya di daerah gurun padang pasir dan termasuk dalam tanaman beriklim subtropis dan tropis.

Ciri khas tanaman ini terdapat banyak duri tajam yang menempel pada batangnya, kaktus golongan tanaman sukulen dikarena kaktus ini dapat menyimpan cadangan air lebih banyak dibandingkan tanaman lain dan kaktus mempunyai beragam jenis, bentuknya sangat bervariasi.

Proses fotosintesis berlangsung pada siang hari dengan vakuola yang terjadi pada malam hari ketika kaktus mengambil CO2 dari lingkungan sekitar.

Fungsi duri kaktus dapat dijadikan sebagai modifikasi dari daun serta berguna untuk proteksi terhadap herbivora.

Klasifikasi Tanaman Kaktus

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub Kelas : Hamamelidae
  • Ordo : Caryophyllales
  • Famili : Cactaceae
  • Genus : Opuntia
  • Spesies : Opuntia cochenillifera

Morfologi Tanaman Kaktus

  1. Akar

Tanaman kaktus termasuk ke dalam jenis akar tunggang membentuk akar cabang serta akar rambut. Akar kaktus juga dapat menempel pada bebatuan, karang yang disebut sifat epifit dalam kaktus.

Ukuran akar kaktus panjang yang digunakan untuk mencari , memperlebar daerah penyerapan air di dalam tanah. Ini salah satu ciri khas kaktus bisa bertahan lama terhadap kekeringan.

  1. Batang

Pada batang tanaman kaktus mengandung banyak air atau sukulen. Penyimpan air di dalam batang dalam bentuk lendir sehingga tidak mudah untuk mengalami proses penguapan. Warna kulit batang kaktus hijau tua, hijau kebiru-biruan, atau abu – abu kebiru-biruan serta permukaan terdapat lapisan lilin.

Bentuk batang kaktus ini sendiri tergantung spesies, jenisnya ada bentuknya bulat, silindris. Dan mempunyai variasi ukuran mulai dari yang pendek hingga lebih dari 20 meter.

Tekstur permukaannya terdapat lekukan yang berbentuk cembung yang digunakan sebagai tempat melekatnya duri-duri kaktus tersebut.

  1. Daun

Sebagian besar kaktus tidak memiliki daun, bukan berarti semuanya. Ada beberapa jenis kaktus yang memiliki daun seperti subfamili pereskiae yang mempunyai daun tunggal dengan ukuran besar, bertangkai pendek. Kaktus yang tidak memiliki daun, proses fotosintensinya dapat dilakukan dengan menggunakan batang kaktus.

Berbagai manfaat daun kaktus bagi kesehatan tubuh;

Sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol, menurut sebuah penelitian di Universitas Wina kandungan yang terdapat pada kaktus mampu menurunkan kadar kolesterol. Daun kaktus adalah salah satu tanaman fungsional dapat mengurangi resiko serta efek dari masalah kesehatan jantung.

Sebagai obat untuk menurunkan kadar gula yang tinggi atau diabetes, menurut Dr. Swapan Banerjaee seorang ahli gizi mengatakan tanaman kaktus dapat menurunkan kadar gula pada pasien diabetes tipe 2, penelitian ini dilakukan menggunakan agen hipoglikemik dalam mengobati diabetes. Nutrisi serat dan pektin dalam kaktus dapat  menurunkan penyerapan gula di lambung serta usus. Selain itu dapat menjadi proteksi lebih untuk hati dari oksidasi yang akan berpotensi menaikan tingkat sensitivitas insulin.

Tanaman ajaib kaktus ini memiliki manfaat yang beragam serta mempunyai bentuk yang unik terkenal dengan tanaman hias atau dekorasi ruangan meskipun berduri namun berbunga indah, kaktur bisa dijadikan sebagai kado /souvenir yang tersimpan dalam pot yang tertata cantik menjadi terriarium.

Menurut penelitian kandungan Mucilago pada kaktus mampu melindungi dari radikal bebas, jika diletakan pada suatu ruangan kaktus memiliki kandungan gula serta karbohidrat yang dapat mengikat setiap partikel halu di udara serta mampu membunuh bakteri di dalam ruangan.

Duri kaktus merupakan modifikasi daun sehingga mampu menangkap debu dalam ruang. Dengan kemampuan kaktus seperti itu sering dijadikan sebagai pengusir bakteri, polusi. Mampu menyaring udara dan menyuplai oksigen, kaktus mampu membuat udara menjadi bersih.

CO2 dibutuhkan dalam kaktus untuk melakukan fotosintesis serta mampu menghasilkan O2 yang digunakan untuk manusia bernafas.

  1. Bunga

Bunga kaktus mempunyai bentuk seperti corong atau trompet  dengan berbagai ukuran dan warna tergantung pada jenis kaktus tersebut.

Proses mekarnya bunga kaktus terjadi pada siang hari. Untuk warna mahkota bunga kaktus bermacam –macam yaitu kuning, merah, ungu, rose dan lainnya.

  1. Buah Biji

Buah kaktus mempunyai bentuk bulat atau lonjong, berdaging tebal. Letak buah kaktus terdapat di ujung batang kaktus bersifat bergerombol. Masing – masing buah kaktus dilindungi oleh duri – duri yang tajam.

Sedangkan untuk biji kaktus berbentuk bulat kecil, berkulit tipis atau tebal dan keras. Permukaan pada biji kulinya yang mengkilap dan berwarna coklat kehitaman.

Berdasarkan ulasan diatas mengubah pandangan dalam menilai tanaman kaktus tersebut. Ternyata dan faktanya kaktus ini merupakan salah satu tanaman yang multifungsi secara visual tanaman kaktus sangat unik, menarik, indah apalagi jika sedang musim berbunga, berbuah pada kaktus makin membuat terlihat istimewa dan didukung dengan berbagai macam manfaat khususnya dalam kemampuan kaktus menyaring udara ini sangat penting, karena oksigen merupakan kebutuhan pokok mahluk hidup khususnya manusia.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka

Leave a Reply

Your email address will not be published.